.

Memasang Google Translate pada Blog/Website

Apabila kita punya blog atau website yang ditulis hanya dalam bahasa Indonesia, sementara kita juga ingin agar blog kita bisa dipahami oleh pembaca dari mancanegara yang tidak mengerti bahasa Indonesia, maka jalan keluarnya adalah dengan memasang tool penerjemah. Software penerjemah bahasa yang cukup canggih dan selalu up-to-date salah satunya adalah Google Translate. Hanya dengan mengetikkan atau memindahkan teks ke textbox bahasa sumber, maka secara otomatis Google Translate akan menerjemahkan bahasa tersebut ke bahasa tujuan dengan cepat. Lalu bagaimana agar isi blog termasuk daftar menu blog tersebut dapat berubah dalam sekejap ke dalam bahasa yang kita inginkan? Cukup mudah.

Google Translate, selain menyediakan text box untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain, juga menyediakan code untuk dipasang pada widget website, sehingga website tersebut support multi bahasa, bahkan tanpa perlu menginstall plugin.

Berikut ini saya jelaskan langkah-langkah untuk memasang Google Translate pada website atau blog berplatform Wordpress:
·         Klik link ini https://translate.google.com/manager/website/
·         Setelah berada pada halaman di atas, klik Add to your website now
·         Selanjutnya anda Login dengan akun / email di Gmail.com.
  • Masukkan alamat website atau blog anda Website URL, pilihan bahasa yang digunakan pada website (Website language) bisa dibiarkan saja dan selanjutnya klik Next. Perhatikan gambar berikut.

Pada tahap berikutnya silahkan lakukan setting pada widget google translate yang akan anda gunakan.
  • Translation languages. Atur pilihan anda apakah semua bahasa (All languages) atau hanya untuk beberapa bahasa negara (Specific languages).
  • Display mode. Pilihan bentuk atau mode widget, sesuaikan dengan selera anda.
  • Advanced. Settingan tingkat lanjut.
Setelah semuanya anda setting sesuai dengan keinginan, selanjutnya klik Get Code.

Copy kode kedua (yang di bawah) ke Widget Text di blog anda dan beri judul Translate, selanjutnya klik Save. Selesai. Silahkan lihat hasilnya.

Ditulis Oleh : Admin Hari: 15.03 Kategori: