.

Membuat Galeri Foto pada Website/Blog

Dalam sebuah website atau blog, sang pemilik blog tersebut terkadang menyimpan dokumentasi berupa foto. Foto-foto yang diupload bisa berupa hasil jepretan dadakan, atau berasal dari event-event penting. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menampilkan koleksi foto pada halaman blog kita, dengan penataan yang rapi, elegan, disertai dengan navigator sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat-lihat foto tersebut? Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat album foto pada blog.

Bagi para pengguna wordpress, tutorial ini bisa langsung dipraktikkan. Dalam tulisan ini saya menggunakan plugin NextGEN Gallery, jadi pastikan anda sudah menginstal plugin NextGEN Gallery terlebih dahulu. Jika belum, silahkan Download NextGEN Gallery di Sini.

·         Instal plugin tersebut pada blog anda.
·         Jika plugin sudah diaktivasi, di dashboard akan terlihat menu bernama Gallery.
·         Sebelum menambahkan foto ke dalam blog, kita perlu membuat nama galeri dari foto yang akan kita masukkan. Kik link Add Gallery/Images pada bagian Gallery. Tuliskan nama galeri baru dari foto yang akan kita masukkan pada kotak isian New Gallery.
·         Ada tiga cara dalam memasukkan foto:
  1. Upload a zip-file, yaitu memasukkan foto dengan jumlah banyak secara sekaligus namun harus dikelompokkan dan dikompres ke dalam sebuah file berekstensi .zip.
  2. Import image folder, yaitu memasukkan foto yang telah ada di dalam hosting website kita.
  3. Upload image, yaitu mengupload foto secara langsung dari perangkat storage PC atau notebook kita.
Selanjutnya kita bisa melihat dan mengatur galeri foto yang telah ada melalui menu Manage Gallery yang ada di bagian Gallery.

Kita juga bisa membuat album dari foto-foto yang telah kita masukkan. Sesuai dengan taksonomi foto pada wordpress, kita bisa mengelompokkan beberapa galeri foto ke dalam sebuah album.

·         Setelah selesai membuat album foto pada blog anda, kini saatnya menampilkan foto album tersebut baik di page ataupun post, terserah anda. Buatlah sebuah page, dan pastikan anda pilih mode Visual. Pada tools box kotak pengisian page tersebut, klik tombol Add NextGEN Gallery.
·         Ketika muncul popup window NextGEN Gallery, pilih tab “Album”, kemudian pilih nama Album yang sudah anda buat. Setelah itu, klik tombol Insert. Selesai.

Sekian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Admin Hari: 10.15 Kategori: