.

Melindungi File dengan Folder Lock

Pernahkah anda berpikir bahwa dari sekian banyak data yang disimpan dalam harddisk di PC atau notebook anda, sebenarnya ada beberapa file yang ingin dirahasiakan atau anda lindungi sehingga tidak ada orang lain yang bisa membukanya atau bahkan di-copy paste tanpa seizin anda. Bisa jadi anda punya data yang dibuat atau didapatkan dengan susah payah, tiba-tiba ada teman yang seenaknya mengambil data tersebut tanpa sepengetahuan anda, misalnya skripsi atau tesis, atau program aplikasi yang anda beli dengan mahal, atau mungkin data yang anda download yang di-resume hingga berkali-kali. Bila data yang berharga tersebut dengan sekejap saja bisa dicuri atau dibajak orang, tentu ini sangat menyakitkan bukan?!

Nah, melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips buat anda yang ingin melindungi data dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Mungkin bagi sebagian orang tips ini dianggap basi, tapi bagi para newbie bisa jadi ini adalah hal baru dan penting untuk dicoba. Dari sekian banyak cara dan software yang pernah saya coba, Folder Lock adalah salah satu software yang canggih untuk melindungi file atau folder yang berisi data yang ingin anda rahasiakan. Folder Lock yang saya gunakan saat ini adalah versi Folder Lock 5.7.9.



Beberapa kelebihan dari Folder Lock adalah selain bisa mengunci folder sehingga tidak bisa dibuka kecuali dengan password, folder yang di-lock tersebut tidak bisa di-delete, bahkan tidak bisa di-copy paste atau send to.., kecuali setelah Login dengan password yang anda buat. Inilah keunggulan Folder Lock dibanding software lain dalam melindungi data dari tangan orang jahil.

Namun perlu anda ketahui juga – khususnya bagi anda para pengguna video editor – bahwa dari pengalaman saya sendiri selama menggunakan Folder Lock ini, ada satu kelemahan, yaitu mempengaruhi kinerja video editor seperti Windows Movie Maker, Ulead Video Studio, dll. Tapi itu bukan masalah besar. Jika anda memiliki hobi mengedit video, sementara dalam PC atau notebook anda terinstal Folder Lock, bisa anda remove (uninstall) dulu sebelum anda menjalankan video editor tersebut. Setelah itu, Folder Lock bisa anda instal ulang, karena software ini berukuran kecil dan mudah sekali menginstal serta menggunakannya.

Jadi, jika anda punya file penting yang orang lain tidak boleh mengetahuinya, anda bisa mencoba Folder Lock. Demikian tips ini, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Admin Hari: 14.59 Kategori: