.

Menyingkat Alamat URL dengan DotTK

Saat ini, dunia internet seolah sudah menjadi dunianya bagi setiap orang. Berbagai aktifitas seperti browsing, surfing, chatting, emailing, downloading, uploading hingga blogging sepertinya bukan lagi perkara baru bagi kebanyakan orang. Menjamurnya blog baik yang dibuat dengan menggunakan template Blogger, WordPress, Joomla, Drupal, dll telah menghiasi luasnya belantara maya ini. Selain itu, banyak juga website bisnis yang diikuti oleh ratusan hingga ribuan orang.

Ketika kita membuat sebuah blog, tentu kita harus ingat alamat URL blog kita tersebut bukan? Sebab kalau tidak, bagaimana kita akan mengakses blog tersebut. Begitupun ketika kita menjadi reseller sebuah website bisnis, kita pasti memiliki web replika untuk dipromosikan kepada prospek atau calon klien kita. Akan tetapi, karena panjangnya nama alamat URL kita tersebut sehingga kita merasa kesulitan mengingat atau menghapalnya. Jika kita membuat blog di Blogger, alamat blog kita biasanya “nama_blog_kita.blogspot.com“, begitupun kalau kita membuat blog di WordPress, pasti namanya “nama_blog_kita.wordpress.com“, dan seterusnya. Rasanya nama blog tersebut terlalu panjang, sehingga agak sulit diingat.

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips terutama untuk para newbie tentang bagaimana menyingkat alamat URL blog kita yang terlalu panjang tersebut, termasuk menyingkat web replika jika kita ikutan sebuah bisnis. Dengan demikian, kita dapat menggunakan nama yang singkat sehingga mudah diingat. Selain itu, nama blog kita tersebut akan tampak lebih keren.

Yang akan saya sampaikan dalam tulisan ini adalah menyingkat URL dengan menggunakan situs penyedia free domain Dot.TK, seperti contoh nama blog dan web replika di atas. Berikut langkah-langkahnya:


  • Kemudian masukkan domain kita pada bagian “Shorten URL“, lalu klik GO
  • Pada tampilan berikutnya, pastikan kita memilih “Forward this domain to“, di bagian “Use your new domain”
  • Masukkan nama URL blog atau nama web replika kita.
  • Pada bagian “Registration length”, tentukan masa waktu penggunaan nama domain tersebut. Pilih saja “12 months”
  • Lalu ketikkan huruf yang muncul pada bagian “Type the characters you see in this picture”, biasanya hurufnya kapital semua.
Nah, setelah itu ada dua pilihan yang harus kita pilih, yaitu Sign Up (daftar) dan Continue without Sign Up (lanjutkan tanpa daftar).
Jika kita ingin menggunakan domain tersebut selama satu tahun saja (12 bulan) dan tidak akan diperpanjang, klik saja “Continue without Sign Up”.
  • Selesai dan nama domain kita siap untuk digunakan.
Catatan:
Jika kita ingin mengupdate dan memperpanjang masa penggunaan domain yang didaftarkan pada DotTK, maka kita harus memilih Sign Up.
Semoga bermanfaat.


Ditulis Oleh : Admin Hari: 13.00 Kategori: