.

Mengenal Istilah-istilah Domain

Ketika membeli sebuah nama domain, hendaknya kita mengetahui juga beberapa istilah yang berhubungan dengan domain tersebut. Di saat kita login ke cPanel Hosting, setidaknya di situ akan kita dapati empat istilah domain, yaitu Subdomain, Addon Domain, Parked Domain, dan Redirects. Keempat nama istilah tersebut sebenarnya merupakan fasilitas yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kita. Masing-masing istilah domain tersebut memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya sampaikan perbedaan dari keempat istilah domain tersebut.


Parked Domain
Parked Domain (Domain Park), terkadang disebut juga dengan Alias Domain, yaitu domain yang diparkirkan ke atas domain utama sehingga pada saat domain yang diparkirkan tersebut diakses, maka browser akan menampilkan halaman web yang sama dengan website domain utama.

Sebagai contoh, anda mempunyai dua domain yaitu websiteku.com dan situsku.com. Websiteku.com adalah domain situs anda saat ini dan anda ingin menambahkan situsku.com. Anda ingin agar kedua link dari domain tersebut mengarah pada satu lokasi yang sama. Ketika mengetik websiteku.com atau situsku.com, maka anda mendapatkan halaman yang sama pada website anda, karena keduanya mengakses file yang sama pada account hosting anda di direktori /home/websiteku/public_html.

Addon Domain
Addon Domain artinya domain tambahan, yaitu domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub-direktori sebuah website sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari sub-direktori itu. Addon Domain digunakan kalau anda ingin menampilkan beberapa web dalam satu hosting.  Dengan fitur ini anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan ke hosting anda, dan anda akan mempunyai dua website yang aktif dengan isi berbeda

Addon Domain mempunyai fungsi yang berbeda dengan Parked Domain, di mana domain tambahan yang anda masukan akan berfungsi layaknya website baru dan berbeda dari website utama yang berada pada account hosting anda. Addon Domain ini sangat bermanfaat apabila anda ingin mengaktifkan beberapa situs pada satu account hosting.

Sebagai contoh, domain utama anda adalah websiteku.com dan domain tambahannya adalah situsku.com, pada saat pembuatan websiteku.com maka akan dibuatkan juga subdomain dengan nama situsku.websiteku.com.

Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain utama dan bisa dibuat sebebas mungkin tanpa perlu membeli lagi domain. Subomain sering digunakan untuk membedakan fungsi atau bagian dari web.

Sebagai contoh, domain utama anda adalah websiteku.com, kemudian anda ingin membuat subdomain dari domain utama tersebut, misalnya blog.websiteku.com,  maka ‘blog’ adalah subdomain dari websiteku.com. Subdomain tersebut dapat menjadi situs tersendiri dan berbeda dengan domain utamanya.

Redirects
Redirects, bisa disebut juga URL Redirect, yaitu domain yang berfungsi meneruskan (forwarding) dari satu alamat nama domain ke alamat nama domain lain. Dengan cara ini, ketika anda memiliki alamat URL yang panjang, dapat diakses oleh alamat URL yang lebih pendek dan lebih mudah diingat seperti subdomain. 

Ditulis Oleh : Admin Hari: 13.07 Kategori: