.

Pilih Mana.. Domain Berbayar atau Domain Gratisan?!

Kalau kita perhatikan, situs-situs yang bertebaran di internet banyak sekali yang menggunakan domain name berbayar atau Paid Domain seperti .com, co, .us, .in, .net, .org, .info, .name, .biz, .eu. Banyak orang bilang, kalau URL website kita berekstensi .com atau domain sejenisnya (yang berbayar) pokoknya keren dan bergengsi, yang punya websitenya pun merasa bangga. Selain itu, banyaknya orang memilih domain name berbayar, karena harganya pun relatif murah, apalagi biasanya pembayarannya per tahun. Jadi wajar saja, kalau saat ini bukan hanya perusahaan, institusi atau organisasi saja yang memiliki website, tetapi juga banyak orang secara individu memiliki website pribadi dengan domain berbayar tersebut.


Selain itu, banyak juga situs-situs yang menggunakan domain gratisan (Free Domain) seperti .co.nr, .co.cc, .cu.cc, .cjb.net, .tk, cz.cc, co.nf, biz.nf, dll. Salah satu pertimbangan orang memilih free domain ini adalah tidak adanya kewajiban membeli, jadi tidak ada tagihan tahunan. Umumnya orang-orang menggunakan free domain ini untuk mempersingkat nama web replika yang terlalu panjang seperti pada website yang menawarkan jasa reseller. Demikian juga free domain bisa dijadikan sebagai add on domain yang dihosting bersama dengan domain utama.

Tapi kalau dipikir-pikir, baik domain berbayar maupun domain gratisan pada dasarnya tidak jauh berbeda. Soal keren atau tidak, tergantung bagaimana kita mengelola dan mengisi web tersebut. Dari sisi tampilan dan konten, saat ini banyak blog gratisan bertebaran di dunia maya yang tidak kalah bagus dari website berbayar. Soal aksesories bisa dicari, plugin juga mudah diinstal.

Buat anda yang bingung mencari domain gratisan, silahkan coba daftar di .co.nr, .co.cc, .cu.cc, .cjb.net, .tk, cz.cc, co.nf, biz.nf, atau yang lainnya. Yang jelas penyedia Free Domain bahkan Free Hosting kini bisa kita dapatkan dengan mudah. Tapi kalau anda tertarik untuk membeli Domain sekaligus sewa Hosting nya, anda juga dapat mencarinya dengan mudah di internet. Jadi, pilih mana.. domain berbayar atau domain gratisan?!

Ditulis Oleh : Admin Hari: 13.22 Kategori: