.

Mengenal Lebih Jauh Plugin Wordpress

Bagi para blogger dan web master, istilah ‘WordPress’ sudah menjadi makanan harian. Blog-blog yang bertebaran di internet pun banyak yang menggunakan CMS template yang satu ini. Selain Drupal, Joomla, Blogger, dan CMS lainnya – WordPress telah menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai tempat untuk membuat website atau blog. Karena selain mudah digunakan, membuat blog pada WordPress (self hosted) kita diberikan kebebasan menginstal plugin sebanyak yang kita mau, sehingga blog kita benar-benar sebagaimana yang diinginkan.


Saat ini bahkan Wordpress semakin terkenal dan begitu diminati oleh para blogger. Salah satu faktor utamanya adalah ketersediaan Plugin Wordpress yang jumlahnya puluhan ribu dan setiap saat terus bertambah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Dengan Plugin-plugin ini kita dapat membuat sebuah blog sebagaimana yang kita inginkan, sekalipun kita buta akan script PHP dan kode-kode HTML yang memang rumit.

Apa itu Plugin? Plugin adalah script atau software tambahan yang mempunyai fungsi khusus yang tidak tersedia dalam blog. Contoh fungsi-fungsi khusus tersebut misalnya untuk SEO, efek-efek gambar dan teks, terjemahan bahasa, security, ecommerce, dan lain sebagainya. Plugin Wordpress dibuat oleh para developer pengguna dan pecinta Wordpress, sehingga Wordpress dapat lebih maju dan berkembang. Kita pun bisa menjadi pembuat Plugin jika memahami coding.

Kita bisa mendapatkan Plugin-plugin Worpress tersebut pada situs yang telah ditentukan, yaitu di http://wordpress.org/extend/plugins/. Di situ terdapat ribuan Plugin Wordpress yang bisa digunakan sesuai kebutuhan blog kita. Hebatnya lagi bahwa Plugin-plugin tersebut dapat kita download secara gratis.

Adakah Plugin Wordpress yang berbayar? Tentu saja. Sejalan dengan perkembangan Wordpress yang begitu pesat, banyak pihak yang melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Kini, banyak develover membuat Plugin untuk tujuan komersial. Mereka menciptakan Plugin-plugin yang mempunyai fungsi khusus, kemudian menjualnya kepada mereka yang membutuhkannya.

Ditulis Oleh : Admin Hari: 13.25 Kategori: