.

Kiat Menjaga Otak Tetap Cemerlang

Otak merupakan bagian tubuh yang paling penting, berisi beragam pusat yang mengatur tubuh. Seperti halnya kita manusia, otak pun ada kalanya mengalami penurunan kinerja dan kelelahan. Oleh karena itu, agar otak tetap sehat dan cemerlang, dibutuhkan asupan makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak serta melakukan beberapa latihan yang dapat menjaga fungsi kognitif dari otak.


Berikut ini beberapa cara mudah yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan organ otak:

Berikan Asupan Makanan yang Baik
Ketahuilah bahwa 1/2 sisi otak kita terdiri dari lemak. Oleh sebab itu, lemak sangat diperlukan oleh otak untuk menjaga ketajaman berpikir. Lemak yang diperlukan di antaranya adalah asam lemak Omega-3 yang mutlak untuk perubahan kognitif otak. Lemak ini bisa didapatkan pada minyak Zaitun atau minyak Canola.

Selain itu, sayuran hijau juga dapat membantu melindungi otak dari penyakit alzheimer (matinya sel-sel saraf otak) dan demensia (kepikunan). Menurut sebuah penelitian di tahun 2009 yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Archies of Neurology, menunjukkan bahwa bayam serta sayuran hijau lainnya yang memiliki kandungan folat dapat mencegah demensia dan kondisi penuruan kognitif pada otak.

Di samping itu, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menambah kinerja otak, yaitu blueberry, blackberry, jus anggur ungu, apel, kayu manis, dan sayuran seperti brokoli dan kembang kol.

Melenturkan Otak
Dr. Gayatri Devi, seorang pakar saraf merekomendasikan masyarakat untuk selalu melakukan berbagai macam aktivitas yang dapat merangsang sisi otak lain yang mengarah pada kesehatan kognitif otak secara menyeluruh.

Aktivitas yang dapat dilakukan di antaranya bermain sudoku (sebuah permainan teka-teki seperti TTS), perhitungan matematika, mendengarkan musik klasik, menari, bermain tenis atau bersosialisasi dengan orang-orang. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat melindungi otak sehingga lebih baik, serta dapat melatih otak sehingga semua sisi menjadi aktif.

Melakukan Olahraga
Selain dengan mengkonsumsi makanan yang baik, ternyata olahraga juga dapat meningkatkan kinerja otak. Kegiatan fisik yang baik dapat menambah konsumsi oksigen dalam otak dan memelihara saraf otak. Kegiatan olahraga seperti aerobik merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan dalam menjaga kognitif otak. Dengan demikian, berolahraga secara teratur pun bisa menjaga otak tetap sehat dan cemerlang dalam berpikir. 

Ditulis Oleh : Admin Hari: 13.27 Kategori: